Trio Muharam

Posted on Posted in Tak Berkategori
Spread the love

Trio Muharam, lahir di Bandung 25 juli 1990, pernah menjalani pendidikan seni rupa di STSI Bandung (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) yang sekarang menjadi ISBI Bandung  pada tahun 2009 – 2015. Pernah  tergabung dalam beberapa  komunitas seni rupa di Bandung dan Solo seperti  RTB (2012- sekarang), SARANG PENYAMUN (2014-  sekarang), RUANG TAMBLONG (2018- 2019) dan RUANG ATAS  Solo (2015-2017). Proyek seni yang aktif dilakukan dalam kurun 3 tahun terakhir adalah, menjadi kurator dalam beberapa pameran tunggal  seperti “Boleh Digrebek!” oleh Anwar Cumin  pada tahun 2019 di SAKATOYA space  Jogjakarta dan pameran kelompok seperti  REMBLONG 1 dan 2  oleh SARANG PENYAMUN di galeri Thee Huis,Taman Budaya Jawa Barat pada tahun 2017 dan 2018, pameran bersama “posisi dan situasi” pada tahun 2018 , Juga aktif sebagai seniman dengan mengikuti beberapa pameran, seperti  BIJABA (Biennale Seni Rupa Jawa Barat) pada tahun 2019 di Galeri Thee Huis, Taman Budaya Jawa Barat.

 

“Acceptance and Realism”
Video Art installation, Duration (07.33)
2019
Acceptance and Realism adalah salah satu  penggambaran mengenai kebutuhan aktualisasi diri (need for self actualization) dari Teori kebutuhan Maslow, acceptance and realism adalah orang yang memahami dan memiliki persepsi realistis terhadap diri mereka sendiri, orang lain serta lingkungan disekitarnya. mencoba  melihat acceptance and realism sebagai pintu masuk melihat teori maslow dan menjadi pola penciptaan kekaryaan, mencoba mengobservasi teori hirarki yang diciptakan maslow dibenturkan dengan kenyataan yang terjadi pada pengalaman Trio maupun lingkungan terdekatnya.
Praktik artistik ini mencoba mempertemukan teori kebutuhan Maslow dengan penemuan pada peristiwa keseharian yang menurut  saya bertentangan dengan fenomena yang ditemukan dalam keseharian. Pertemuan tersebut mengshasilkan pertanyaan, apakah aktualisasi diri yang menjadi puncak kebutuhan manusia menurut Maslow, baru  akan terpenuhi jika kebutuhan sebelumnya terpenuhi? Karena dalam penemuan saya bisa saja aktualisasi terpenuhi sebelum kebutuhan pokok terpenuhi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *